Sunday, 24 March 2013

Pembahasan Pancasila Sebagai Sumber Nilai


Pancasila Sebagai Sumber Nilai
       
   Macam-Macam Nilai yang terkandung dalam pancasila diakui kebenarannya oleh bangsa indonesia. Oleh sebab itu, harus diwujudkan dalam kehidupan kita. Nilai merupakan sesuatu yang abstrak, Nilai-nilai tersebut akan menjadi nyata apabila diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Hakekat dan Fungsi Pancasila itu sendiri merupakan suatu nilai, Oleh karena itu bukan lah hal yang tidak mungkin jika nilai yang ada bersumber pada pancasila.
a.Nilai Dasar
Merupakan nilai-nilai dasar yang relatif tetap(tidak berubah) yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945. Nilai-nilai dasar pancasila (ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan,dan keadilan sosial) dijabarkan lebih lanjut menjadi nilai instrumental dan nilai yang lebih bersifat fleksibel, dalam bentuk norma-norma yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
b.Nilai Instrumental
          Merupakan nilai-nilai lebih lanjut dari nilai-nilai dasar yang dijabarkan secara lebih kreatif dan dinamis dalam bentuk UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya.
c. Nilai Praxis
          Merupakan nilai-nilai yang sesungguhnya dilaksanakan dalam kehiduupan nyata sehari-hari baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara. Nilai Praxis yang abstrak (misalnya: menghormati, kerja sama, kerukunan, dan sebagainya), dioperasikan dalam bentuk sikap, perbuatan, dan tingkah laku sehari-hari, dengan demikian nilai-nilai tersebut nampak nyata dan dapat kita rasakan bersama.

Pancasila sebagai sumber nilai mempunyai makna sebbagai berikut:
d.Nilai Ketuhanan
          Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pencipta alam semesta. Dengan nilai ini menyatakan bangsa Indoneisa merupakan bangsa yang religius bukan ateis. Nilai ketuhanan juga memiliki arti adanya pengakuan akan kebebasan memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama, tidak ada paksaan serta tidak ada berlaku diskriminatif antar umat beragama.
e.Nilai Kemanusiaan
          Nilai Kemanusiaan yang adil dan beradap mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.
f.  Nilai Persatuan
          Nilai persatuan indonesia mengandung makna usaha ke rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragamaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
g.Nilai Kerakyatan
          Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmak kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.
h.Nilai Keadilan
          Nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur secara lahiriah maupun batiniah.
          Nilai-nilai dasar itu sifatnya abstrak dan normatif, isinya belum dapat dioperasionalkan. Agar dapat bersifat operasional dan eksplisit, perlu dijabarkan ke dalam nilai-nilai instrumental. Contoh nilai-nilai instrumental tersebut adalah UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainny.

          Sebagai nilai dasar, nilai-nilai tersebut menjadi sumber nilai. Artinya, denagn bersumber pada kelima nilai dasar diatas dapat dibuat dan dijabarkan nilai-nilai instrumental penyelenggaraan negara Indonesia.

Sumber :Buku PKN untuk SMA atau MA kelas XII Semester 1 oleh Tim Creative Maestro

Sekian Postingan Kali ini,semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentarJ.

0 comments:

Post a Comment