Saturday, 23 March 2013

Pengertian dan Penjelasan Hari Kiamat


A.PENGERTIAN HARI KIAMAT
          Hari Akhir atau hari kiamat merupakan hari binasa atau hancurnya alam semesta secara total.Iman kepada Hari kiamat adalah rukun iman yang kelima dan menjadi satu kesatuan keimanan utuh.beriman kepada hari akhir adlaah mempercayai dan menyakini sepenuh ahti bahwa alam semesta ini suatu saat akan berakhir dan mengalami perubahan yang dahsyat sebagai tanda berakhirnya kehidupan dunia yang fana dan dimulainya kehidupan akhirat yang kekal.Disebut hari akhir karena tidak ada lagi hari sesudahnya,  Kedatangan hari kiamat besifat pasti.Pengetahuan tentang hari kiamat adalh milik Allah swt.
Sebagaimana firmannya yang Artinya:
“Dan sungguh (hari) kiamat itu pasti datang,tidak ada keraguan padanya ; dan sungguh Allah akan membangkitkan siapapun yang di dalam kubur.”(Q.S. Al-Hajj/22: 7)
          Hari akhir memiliki beberapa nama,yaitu Hari Kiamat (Yaumul Qiyamah),hari Kebangkitan (Yaumu Ba’as), Hari Keputusan (Yaumul Fasl), Hari Keluar (Yaumul Khuruj),Hari Pembalasan  (Yaumuddin),dan lain-lain.
B.PROSES SINGKAT TERJADI HARI KIAMAT
          Hari kiamat diawali dengan tiupan teropet Sangkakala oleh malaikat Israfil.Ketika malaikat diperintahkan Allah swt. Untuk meniup terompet yang pertama,maka hancurlah alam semesta beserta isiny,sehingga semua makhluk yang ada di dalamnya mati.Kemudian ketika terjadi tiupan terompet yang kedua,Allah menghidupkan kembali semua makhluk ciptaanya dari kematian,sejak makhluk dari zaman Nabi Adam a.s. sampai makhluk akhir zaman.  Mereka dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk dihisab,seerta ditimbang amal mereka.
C.DALIL AQLI TENTANG HARI KIAMAT
·         Para pakar ilmu pengetahuan mengakui bahwa matahari adalah sumber kehidupan untuk semua makhluk di permukaan bumi.matahari merupakan bola api raksasa yang memancarkan sinar dan panas ke seluruh planet.Bola api ini berputar terus menerus.Mereka juga mengatakan bahwa cahaya dan panas yang dihasilkan tidaklah akan abadi.
·         Para ilmu fisika mengatakan bahwa rotasi dan revolusi benda-benda langit tidaklah abadi.pada saatnya nanti,pergerakan benda-benda langit akan berhenti/berakhir. Apabila hal itu terjadi ,seluruh benda-benda langit akan bertabrakan,dan saling menghancurkan antara satu dengan yang lainnya.semua itu merupakan perhitungan dan perkiraan manusia belaka.Allah swt. Sendiri yang Maha Mengeh=tahui semua yang akan terjadi.
D.HIKMAH BERIMAN KEPADA HARI AKHIR
          Keimanan terhadap hari akhir akan berdampak pada sikap dan perilaku orang yang meyakininya.Hikmah beriman kepada hari akhir diantaranya adalah:
·         Menumbuhkan sifat optimisme dalam hidup. Manusia akan bekerja keras untuk memperoleh kebahagiaan di dunia. Jika kita bahagia maka hidup kita akan tenang. Jika kita tenang maka kekhusukan beribadah dan keinginan ,elakukan kebajikan akan lebih besar.Dengan demikian Insaallah kita akan dapat meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Seandainya kita masih belum beruntung di dunia,kita masih punya harapan untuk beruntung di akhirat, selama kita selalu bertakwa kepada Allah swt.
·         Mewujudkan ketakwaan kepada Allah swt. Meyakini akan adanya hari akhir akan menambah ketakwaan kita kepada Allah swt. Allah telah membuktikan keadilan dan kasih sayang – Nya kepada Hamba-Nya yang bertakwa.Kegembiraan orang-orang yang bertakwa adalah ketika mereka masuk surga.
·         Mejauhkan diri dari perbuatan maksiat.Dengan meyakini akan adanya neraka,tempat orang-orang yang penuh dosa,yang perbuatan maksiatnya lebih banyak dibandingkan amal baiknya,maka kita berusaha mengindari tmepat terkutuk itu. Orang yang tidak beriman kepada hari akhir tidak akan mengetahui bahwa setelah mati akan ada kehidupan yang jauh lebih panjang daripada kehidupan di dunia,ia juga tidak yakin akan adanya  neraka, tempat penyiksaan orang-orang yang berdosa. Oleh sebab itu , dengan seenaknya mereka mengerjakan kemaksiatan.
·         Bersikap hati-hati dan waspada. Bagi orang yang beriman kepada hari akhir,dalam hatinya terdapat keyakinan bahwa segala ucapan,sikap dan perilaku serta tindakan akan diperhitungkan dan dipertanggungjawabkan di akhirak kelak.Oleh sebab itu,sikap,perilaku,ucapa,dan perbuatannya akan selalu dijag dan dipelihara dari hal-hal yang keji dan mungkar
·         Mendapat dua keuntungan dunia dan akhirat. Bagi orang yang beriman kepada hari akhir,selain dapat mengamalkan rukun iman yang keenam,ia juga mendapatkan keuntungan ganda. Keuntungan di dunia berupa kebaikan dan kesalehan dalam bersikap,berucap,dan bertindak. Juga keuntungan di akhirat yakni berupa pahala dan kebahagiaan yang abadi.
·         Memperkuat keyakinan bahwa Allah Maha Kuasa dan Maha Adil
·         Memberikan dorongan untuk membiasakan diri dengan sikap dan perilaku terpuji dan menjauhkan diri dari sikap perilaku tercela.
·         Memberikan dorongan untuk bbersikap optimis,tawakal dan sbar meskipun tertimpa berbagai kemalangan.
E.PERILAKU YANG MENCERMINKAN KEIMANAN TERHADAP HARI AKHIR
          Adapun perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir,antara lain sebagai berikut:
1.   Senang dan tekun menjalankan ibadah serta mengharapkan pahala untuk persiapan hari pembalasan.
2.   Bersikap hati-hati dalam berusaha untuk mencukupi kebutuhan hidup,jangan sampai melanggar hukum-hukum agama.
3.   Berusaha agar makanan dan minuman untuk diri dan keluarganya, adalah makanan dan minuman yang halal.
4.   Penghibur bagi orang mikmin yang tidak sempat mendapatkan kenikmatan dunia,sebagai gantinya ia punya harapan di akhirat,berupa kenikmatan dan pahala surga.
5.   Mempebanyak amalan baik dalam rangka mencari rida Allah swt
6.   Menjauhkan diri dari segaa perbuatan dosa,karena kelak di hari akhir akan dimintai pertanggungjawaban. Rajin mempelajari ajaran agama agar dapat memahami tata cara dan penerapannya dalam hidup sehari-hari
7.   Rajin beribadah, baik yang fardhu,maupun yang sunah (sesuai dengan kemampuan).
8.   Memperkukuh hubungan persaudaraan dengan sesama muslim khususnya dan sesama manusia umumnya.Senantiasa berbuat baik kepada orang lain.

0 comments:

Post a Comment